Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Bagi yang ingin membaca postingan v.1 nya, silahkan KLIK DI SINI
Bagi yang ingin membaca postingan v.2 nya, silahkan KLIK DI SINI

Ini adalah lanjutan dari sebelumnya, saya harap pembahasan ini adalah yang terakhir, takutnya menyamai sinetron cinta fitri sampai episode ke 7. Hehe. Yaps untuk kali ini saya lebih membahas tentang keterampilan belajar.


Keterampilan Belajar

Keterampilan belajar disini dibagi menjadi 5, diantaranya adalah membaca, menghafal, mencatat, menulis dan juga menghadapi ujian. Saya akan bahas masing-masing.

Membaca
Tentu yang baca postingan ini bisa membaca bukan, tetapi yang saya artikan disini bukan hanya membaca biasa, tetapi bagaimana membaca yang efektif. Pada saat membaca disarankan pemakaian paduan visual seperti jari, atau pensil bisa mempercepat bacaan dengan mencegah anda mundul dari kata sebelumnya. Pada saat membaca pun haruslah focus untuk memaksimalkan anda dalam membaca.

Menghafal
Menghafal untuk sebagian orang sangatlah sulit. Tidak sedikit orang jika dalam menghafal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengingatnya, betul tidak?untuk mempermudah dalam menghafal, sebaiknya buat hubungan antara sesuatu yang perlu dihafal.
Contoh: - menghafal nama 4 presiden pertama amerika, George Washington, John Adams, Thomas Jefferson, dan James Madison
sekarang bagaimana cara menghafal dengan mudah??
kita buat saja menjadi cerita pendek contohnya adalah, George memakai Jins Wash sambil menggandeng Adam menemui Tom yang marah-marah di Madison Garden.
Dengan cara demikian, bisa lebih mengingat lebih mudah bukan??

Mencatat
Mencatat untuk sebagian orang sudah biasa. Untuk membuat catatan yang berkualitas dan menarik, tidak sekedar menulis catatan tapi membuat catatan. Bingung? Saya jelaskan singkat padat jelas. Hehe
Mengapa kita perlu mencatat??yaps karena mencatat Membantu memahami informasi, mengingat lebih lama & memahami lebih baik.
Sekarang apa perbedaan antara mencatat dengan membuat catatan??mencatat biasanya focus pada isi (pikiran sadar) sedangkan membuat catatan biasanya membuat tetap tertarik dengan menuliskan bagaimana pikiran dan perasaan anda terkait dengan apa yang di dengar (pikiran bawah sadar).

Menulis
Menulis juga harus memakai teknik yang tepat agar apa yang kita tulis berkualitas. Bagaimana langkah-langkahnya??
pertama adalah perbanyaklah ide. Masukan sebanyak mungkin ide sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan ide yang tepat.
kedua adalah tentunya harus banyak berlatih. Latihlah kemampuan anda dalam menulis.
ketiga membuat planning organization.
keempat adalah buat outline dalam menulis.



Menghadapi ujian
Ini adalah tips bagaimana menghadapi ujian yang baik.

Ketahuilah aturan dalam penilaiannya.
Dalam hal ini selalu baca petunjuk dengan hati-hati. Ketahuilah aturan penilaian dan lakukan yang terbaik. Saya ambil contoh sedrhana, jika jawaban yang salah dikurangi, maka hindari menjawab dengan cara menebak kecuali anda tahu jawaban pastinya.

jawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu
Jika anda terpaku pada soal yang yang sulit terlalu lama, bisa jadi anda tidak dapat menyelesaikan ujian anda pada tepat waktu.

Ketahuilah keyword dari pertanyaannya
Biasanya pertanyaan terdiri dari satu atau beberapa keyword, cobalah untuk mendapatkan keywordnya untuk memahami pertanyaan tersebut

Baca seluruh pertanyaan terlebih dahulu
Pada sesi ini, pilih pertanyaan yang akan anda kerjakan terlebih dahulu.


Ini adalah yang terakhir saya membahas tentang “belajar kok pake teknik”, semoga bermanfaat bagi semua pembaca.


Sumber : rheimantanie.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Dilihat dari judulnya, ini adalah sambungan dari belajar kok pake teknik yang pertama. Sebenarnya saya akan jadikan itu semua jadi satu tetapi menurut saya terlalu panjang dan tidak efektif.

Bagi yang ingin membaca postingan v.1 nya, silahkan KLIK DI SINI
Bagi yang ingin membaca postingan v.3 nya, silahkan KLIK DI SINI


Okeh saya akan melanjutkan yang sebelumnya. Saya sedikit review, jika sebelumnya saya membahas alasan mengapa belajar memakai teknik dan juga strategi dalam belajar, sekarang saya lebih mendalami tentang kecerdasan.


Gaya belajar berdasarkan kecerdasan

Apa itu kecerdasan??para ahli berpendapat bahwa kecerdasan dibagi menjadi 2 aspek, yaitu kapasitas untuk belajar dari pengalaman dan juga kemampuan untuk beradaptasi. Selama ini, banyak orang yang beranggapan bahwa cerdas itu pasti pintar di sekolahnya dan hasilnya pun baik. kecerdasanhanya diukur oleh prestasi akademik. Apakah itu benar??


Kecerdasan vs IQ

Uji kecerdasan yang kita kenal adalah test IQ, betul? Tujuan test tersebut untuk memprediksi kemungkinan untuk kerja atau prestasi seorang muriddalam lingkup sekolah formal. Pertanyaannya adalah, bisakah menjadi acuan untuk keberhasilan seseorang?? Menurut saya TIDAK



8 jenis kecerdasan

Pertama adalah linguistic. Linguistic sendiri adalah kemampuan dalam bidang bahasa.
kedua adalah matematika dan logika. Orang seperti ini adalah orang yang suka ketepatan dan menyukai berfikir abstrak dan terstruktur.
ketiga adalah visual dan spasial. Lebih berfikir dengan menggunakan gambar termasuk gambaran mental, cakap bekerja dengan peta, grafik dan diagram
keempat adalah music. Sensitive tehadap mood dan emosi, dan lebih menyukai music dan mengerti tentang music.
kelima adalah interpersonal. Orang seperti ini adalah orang yang mudah bergaul, mediator dan pintar dalam berkomunikasi.
keenam adalah intrapersonal. Mengerti perasaan sendiri, dapat memotivasi dirinya sendiri, mengerti siapa dirinya, mengerti dan sangat memperhatikan nilai dan etika hidup.
ketujuh adalah kinestetik. Mempunyai kemampuan untuk pengendalian fisik, yang sangat baik, ahli dalam pekerjaan tangan, suka menyentuh dan memanipulasi objek
dan terakhir adalah naturalis. Mencintai lingkungan dan alam, mampu menggolongkan objek, mengenali dan berinteraksi dengan hewan dan tanaman


Bagaimana daftar kecerdasan membantu pembelajaran?

Cerdas gambar: memakai gambar dan coretan untuk belajar lebih cepat dan lebih baik.
Imanijasi aktifmu sangat baik untuk membaca, menulis, berpikir dan menghafal, serta memahami bagaimana berbagai hal terkait, menyatu, dan cocok satu sama lain.

cerdas kata: gunakan cerita untuk belajar. Hebat dalam menulis dan menggubah puisi & irama, serta dengan mudah mempelajari berbagai bahasa

Cerdas alam: belajar aktif dengan mengetahui bagaimana sesuatu bekerja dan apa perbedaan di antaranya. Mudah mengenali puzzle dan pola, serta suka mengelompokkan benda agar bisa dipahami.

cerdas kinestetik: suka belajar lewat gerakan. Secara alami, cerdas menari & berolahraga. Memiliki tangan & jari yang sangat terampil untuk membuat sesuatu.

cerdas diri: penuh percaya diri karena tahu apa kelebihan anda & bagaimana cara mendapatkan apa yang anda inginkan. Sangat disiplin, terfokus, dan pemahaman dirimu membuat anda memiliki kepribadian kuat yang memegang kendali.

Cerdas angka: anda pandai memecahkan masalah dan bekerja dengan angka. Sangat ingin tahu & senang menanyakan mengapa sesuatu terjadi dan bagaimana sesuatu bekerja


Manfaat memahami kecerdasan

Manfaat memahami kecerdasan adalah meningkatkan keteranpilan dalam belajar karena lebih tahu apa yang dengan mudah bisa dilakukan. Disamping itu adalah dapat mempelajari hal yang baru bisa lebih menyenangkan.


Sumber : rheimantanie.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Hai pelajar kimia, kamu lagi cari soal-soal kimia untuk pelaran kan. saya akan memberikan beberapa soal unsur-unsur kimia pada SMA, untuk itu kamu bisa baca dengan baik dan mohon dijawab soalnya. ^_^
selamat melihat 

1. Magnalium adalah paduan logam yang terdiri dari ....
a. Mn dan Fe
b. Mn dan Cu
c. Mg dan Al
d. Mg dan Zn
e. Mg dan Cr

2. Mineral bauksit dan kriolit mengandung ....
a. besi
b. tembaga
c. seng
d. aluminium
e. kalsium

3. Logam spesifik yang terdapat di dalam mineral hematit dan pirit adalah ....
a. Ni
b. Al
c. Cu
d. Sn
e. Fe

4. Stainless steel adalah salah satu jenis baja tahan karat. Baja ini mengandung ....
a. Cr
b. Co
c. Mn
d. Ni dan Mn
e. Cr dan Ni

GAS MULIA
5. Kemampuan gas mulia untuk bereaksi sangat kurang karena ....
a. energi ionisasinya besar
b. jari-jari atomnya relatif kecil
c. konfigurasi elektronnya stabil
d. terletak dalam golongan VIII A
e. mempunyai jumlah elektron genap

6. Unsur Xe dengan nomor atom 54 dan unsur F dengan nomor atom 9 pembentuk senyawa XeF4. Bentuk molekul senyawa ini adalah ....
a. linier
b. segitiga datar
c. okta hedron
d. tetra hedron
e. bujur sangkar

HALOGEN
7. Unsur X mempunyai nomor atom 35, konfigurasi elektron ion X adalah ....
a. 1s² 2s² 2p64s² 3d104p5
b. 1s² 2s² 2p63s² 3p63d104s² 4p6
c. 1s² 2s² 2p63s² 3p63d104s² 4p4
d. 1s² 2s² 2p63s² 3p63d104p1 4p5
e. 1s² 2s² 2p63s² 3p63d104s² 4p55s1

8. Zat-zat di bawah ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, zat yang mengandung unsur halogen adalah ....
a. vitsin
b. urea
c. sakarin
d. tetoron
e. Freon

9. Dari reaksi berikut ini :
1. Br2(aq) + KCl(aq)
2. F2(aq) + KBr2(aq)
3. Cl2(aq) + MgBr2(aq)
4. I2(aq) + NaCl(aq)
5. Br2(aq) +KF(aq)
Reaksi yang dapat berlangsung secara spontan adalah ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 5
e. 4 dan 5

10. HF dan HCl dapat dibuat dengan memanaskan garam halidanya dengan asam sulfat pekat, tetapi HBr dan HI tidak dapat dibuat dengan cara yang sama. Hal ini terjadi karena ….
a. HF dan HCl adalah asam yang lebih kuat dari HBr dan HI
b. Br- dan I- dapat dioksidasikan oleh asam sulfat pekat
c. Ikatan HF dan HCl lebih kuat dari pada ikatan HBr dan HI
d. F- dan Cl- dapat dioksidasi oleh asam sulfat pekat
e. HBr dan HI mudah menguap

11. Gas Fluor (Ar = 19) diperoleh dari elektrolisis leburan KHF2 sesuai dengan persamaan : 2HF2- 2HF + F2 + 2eBila pada proses tersebut dialirkan arus listrik sebesar 10 amper selama 30 menit, maka volume gas F2 yang dihasilkan pada STP adalah ....
a. 2,09 liter d. 7,8 liter
b. 4,17 liter e. 11,2 liter
c. 5,6 liter

LOGAM ALKALI DAN ALKALI TANAH
12. Elektrolisis larutan yang menghasilkan logam alkali adalah ....
a. leburan AlCl3 dengan elektrode Pt
b. larutan KI dengan elektrode C
c. larutan Na2SO4 dengan elektrode C
d. larutan KNO3 dengan elektrode Au
e. leburan NaCl dengan elektrode C

13. Pernyataan yang tepat tentang pembuatan logam alkali secara elektrolisis adalah ....
a. reduksi ion alkali terjadi di anoda
b. ion logam alkali mengalami reaksi reduksi
c. digunakan katoda karbon dan anoda dari besi
d. dibuat dari elektrolisis larutan garam kloridanya
e. logam alkali yang terbentuk berupa zat padat di anoda

14. Persamaan reaksi yang benar bila sepotong logam Natrium dimasukkan dalam segelas air adalah ....
a. 2Na(s) + H2O (l) --> Na2O (s) + H2 (g) + energi
b. 2Na (s) + 2H2O (l) --> 2NaOH (aq) + H2 (g) + energi
c. 2Na (s) + 2H2O (l) --> 2NaOH (aq) + O2 (g) + energi
d. Na (s) + 2H2O (l) --> Na(OH)2 (aq) + H2 (g) + energi
e. 2Na (s) + 2H2O (l) --> Na2O2 (s) + 2H2 (g) + energi

15. Pada elektrolisis larutan garam logam alkali atau alkali tanah tidak dihasilkan logamnya karena ....
a. sifat oksidatornya lemah
b. sifat reduktornya lemah
c. garam halidanya mempunyai titik leleh tinggi
d. energi ionisasi tinggi dari logam lain
e. ion logamnya tidak mengalami reduksi

16. Logam alkali dan alkali tanah hanya dapat diperoleh dengan jalan elektrolisis leburan garamnya dan bukan dari larutan garamnya karena logam alkali dan alkali tanah ….
a. melarut dalam air
b. garamnya tak terelektrolisis dengan air
c. ionnya tereduksi tanpa air
d. ionnya teroksidasi dalam air
e. ionnya terselubung oleh molekul-molekul air

17. Data beberapa Ksp garam alkali tanah :
1. Ksp Ca(OH)2 = 5,5 . 10-6
2. Ksp CaSO4 = 2,4 . 10-5
3. Ksp CaCO3 = 4,8 . 10-9
4. Ksp BaSO4 = 1,5 . 10-9
5. Ksp CaCrO4 = 1,2 . 10-10
Dari data di atas, senyawa yang paling mudah larut dalam air adalah ....
a. Ca(OH)2
b. CaSO4
c. CaCO3
d. BaSO4
e. CaCrO4

18. Senyawa hidroksida logam alkali tanah yang dalam bentuk suspensi digunakan sebagai obat sakit lambung adalah ....
a. Be(OH)2
b. Mg(OH)2
c. Ca(OH)2
d. Sr(OH)2
e. Ba(OH)2

19. Basa alkali tanah yang paling sukar larut dalam air dan mempunyai sifat amfoter adalah ....
a. Be(OH)2
b. Mg(OH)2
c. Ca(OH)2
d. Sr(OH)2
e. Ba(OH)2

20. Air sadah yang kesadahannya dapat dilunakkan dengan mendidihkan air tersebut, mengandung garam ....
a. CaCl2 d. MgCl2
b. CaCO3 e. MgCO3
c. Ca(HCO3)2

UNSUR PERIODE 3
21. Unsur-unsur periode ke-3 dari Na ke Cl memiliki sifat-sifat yang berubah secara periodik, kecuali ....
a. energi ionisasi
b. keasaman
c. oksidator
d. warna
e. keelektronegatifan

22. Di antara unsur periode ke-3 di bawah ini yang di alam terdapat dalam keadaan bebas adalah ....
a. Na
b. S8
c. Al
d. Si
e. Cl2

23. Diketahui data potensial elektroda standar :E° Na = -2,71 voltE° Mg = -2,38 voltE° Al = -1,66 voltUrutan daya reduktor unsur periode ketiga dari kuat ke lemah adalah ....
a. Al > Mg > Na
b. Na > Mg > Al
c. Mg > Al > Na
d. Na > Al > Mg
e. Al > Na > Mg

24. Empat unsur periode ketiga yaitu P, Mg, Cl dan Na. Urutan unsur-unsur tersebut dari yang paling kecil pereduksinya ke yang paling besar ialah ….
a. Na, Cl, Mg, P
b. Cl, P, Mg, Na
c. Cl, P, Na, Mg
d. P, Cl, Na, Mg
e. Na, Mg, P, Cl

25. Unsur-unsur periode ketiga di alam terdapat dalam bentuk senyawa kecuali unsur belerang yang bebas, karena belerang ....
a. memiliki bentuk dua alotrop
b. terletak pada perubahan sifat molekul raksasa menuju c. molekul sederhana
c. mempunyai sifat afinitas elektron yang besar
d. mempunyai harga energi ionisasi yang kecil
e. membentuk molekul sangat stabil

26. Aluminium tergolong logam tahan terhadap korosi. Sifat inilah yang menyebabkan aluminium dipakai dalam industri kecil . . .
a. untuk membuat logam campur
b. untuk membuat reaksi termit
c. sebagai pereduksi berbagai macam oksida
d. untuk membuat berbagai peralatan dapur
e. untuk membuat roda pesawat terbang

27. Pasangan senyawa berikut yang mengandung aluminium adalah ....
a. bauksit dan kuarsa
b. fosforus dan fluoroapatit
c. mika dan kriolit
d. kriolit dan bauksit
e. bauksit dan fosforus

28. Dalam pembuatan aluminium dari alumina, ke dalam Al2O3 ditambahkan kriolit (Na3AlF6). Dalam hal ini kriolit berfungsi sebagai ....
a. Katalis
b. Pelarut
c. pengikat kotoran
d. katoda
e. anoda

29. Berdasarkan reaksi elektrolisis, maka massa aluminium yang dihasilkan dari 100 ton bauksit murni (Al = 27, O = 16) adalah ….
a. 19,0 ton
d. 66,6 ton
b. 47,0 ton
e. 80,0 ton
d. 52,9 ton

30. Pada leburan bauksit (Al2O3) dalam kreolit cair dialiri arus besar 9,65 ampere selama 6 jam jika diketahui Ar : Al = 27, massa logam Al yang terbentuk di katoda sebanyak ....
a. 0,324 gram
b. 1,944 gram
c. 16,20 gram
d. 19,44 gram
e. 58,32 gram

31. Pasangan hidroksida yang bersifat asam adalah ....
a. Si(OH)4 dan Mg(OH)2
b. Si(OH)4 dan P(OH)5
c. Mg(OH)2 dan Al(OH)3
d. S(OH)6 dan Mg(OH)2
e. NaOH dan S(OH)6

32. Polutan basil buangan industri aluminium yang mencemari udara adalah ....
a. CO
b. CO2
c. HF
d. H2S
e. NO2

33. Aluminium banyak dipakai untuk mernbuat alat-alat rumah tangga; sebab aluminium merupakan logam yang ....
a. lunak dan mengkilap
b. aktif dan bersifat magnit
c. ringan dan tahan korosi
d. rapuh dan mudah didapat
e. sangat keras dan aktif

TRANSISI
34. Konfigurasi elektron salah satu unsur transisi periode ke empat adalah ….
a. 1s² 2s² 2p6 3s² 3p6 3d10 4s1
b. 1s² 2s² 2p6 3s² 3p6 3d10 4s2 4p6
c. 1s² 2s² 2p6 3s² 3p6 3d10 4s2 4p5
d. 1s² 2s² 2p6 3s² 3p6 4s2 4p3 3d10
e. 1s² 2s² 2p6 3s² 3p6 3d10

35. Konfigurasi elektron Mn sebagai berikut :1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d5 4s2Kulit valensi unsur Mn adalah ....
a. 4s
b. 3d
c. 3d dan 4s
d. 3p dan 3d
e. 3s dan 3p

36. Senyawa seng dari unsur transisi tidak berwarna, hal ini disebabkan oleh ....
a. orbital d telah penuh terisi electron
b. tidak adanya elektron pada orbital d
c. orbital d telah terisi elektron setengah penuh
d. tidak adanya elektron pada orbital s
e. orbital s telah terisi elektron setengah penuh

37. Kelemahan seng sebagai unsur transisi adalah ....
a. bilangan oksidasinya + 2
b. susunan elektron stabil
c. ion kompleksnya tak berwarna
d. orbital d terisi penuh
e. sifat magnit besar

38. Dari sifat-sifat unsur berikut :
1. mudah teroksidasi
2. dapat membentuk oksida dengan rumus L2O3
3. mempunyai beberapa tingkat oksidasi
4. titik didihnya rendah
5. senyawanya mempunyai warna
Yang merupakan sifat unsur transisi adalah ....
a. 1 dan 3
b. 3 dan 5
c. 2 dan 4 .
d.2 dan 5
e. 3 dan 4

39. Sifat paramagnetik dari unsur transisi ditentukan oleh banyaknya ....
a. elektron tunggal pada orbital f
b. elektron tunggal pada orbital p
c. elektron tunggal pada orbital d
d. pasangan elektron pada orbital p
e. pasangan elektron pada orbital d

40. Senyawa dari unsur transisi periode keempat yang mengandung ion Sc3+dan Ti4+, tidak berwarna. Hal ini disebabkan karena ....
a. unsur transisi bersifat logam
b. sub kulit d nya terisi penuh
c. tak memiliki satu elektron pada sub kulit d
d. hanya memiliki satu, macam tingkat oksidasi
e. unsur transisi dapat membentuk ion kompleks

41. Beberapa sifat unsur berikut : I. membentuk senyawa berwarna II. titik leburnya rendahIII. dapat membentuk ion kompleks IV. diamagnetik titik leburnya rendah V. mempunyai bermacam-macam bilangan oksidasi Yang menunjukkan sifat unsur transisi periode ke-4 ialah nomor ....
a. I, III dan V
b. I. II dan III
c. IV dan V
d. II, IV dan V
e. III, IV dan V

42. Kelemahan seng sebagai unsur transisi adalah ....
a. bilangan oksidasinya + 2
b. susunan elektron stabil
c. ion kompleksnya tak berwarna
d. orbital d terisi penuh
e. sifat magnit besar

43. Suatu ion kompleks mempunyai atom pusat Co3+ dengan ligan yang terdiri dari ion Cl dan molekul H2O. Rumus ion kompleks yang benar adalah ....
a. {Co (H2O) Cl5 }2-
b. {Co (H2O)2 Cl4 }+
c. {Co (H2O)2 Cl2 }2+
d. {Co (H2O)4 Cl2 }-
e. {Co (H2O)5Cl }2-

44. Senyawa-senyawa kompleks berikut : I. Ag(NH3)2ClII. Cu(NH3)4(NO3)2III. K3Fe(CN)6IV. Cr(NH3)3Cl3Yang mempunyai bilangan koordinasi empat adalah ....
a. V
b. IV
c. III
d. II
e. I

45. Muatan ion kompleks yang terdiri dari atom pusat Fe3+ dengan 4 ligan NH3 dan 2 ligan CN- adalah ....
a. +3
b. +1
c. -1
d. -2
e. -3

46. Nama ion adalah ....
a. heksanitrokrom (VI)
b. heksanitrokromat (III)
c. heksanitrokrom (III)
d. heksaanitrokromat (III)
e. heksanitrokrom (III)

47. Suatu senyawa kompleks terdiri dari ion Co3+, ion Cl- dan molekul amoniak. Rumus senyawa kompleks itu yang paling benar adalah ....
a. Co(NH3)3Cl2
b. Co(NH3)4Cl4
c. Co(NH3)6Cl
d. Co(NH3)6Cl2
e. Co(NH3)6Cl3
PENGOLAHAN BESI
48. Reaksi kimia yang benar untuk memisahkan besi dari bijinya dalam tanur tinggi ialah ....
a. FeO(s) + CO(g) 2Fe(g) + CO2(g)
b. 2FeS(s) + 2C(s) Fe(s) + CS2(l)
c. Fe2O3(s) + 2CO(g) 2Fe(s) + 3CO2(g)
d. F3O4(s) + 4CO(g) 3Fe(s) + 4CO2(g)
e. FeS2(s) + CO2(g) Fe(s) + SO2(g) + C(s)
49. Reaksi yang terjadi pada puncak tanur tinggi adalah .......
a. Fe3O4 + CO 3FeO + CO2
b. FeO + CO Fe + CO2
c. CO2 + C 2CO
d. 3Fe2O3 + CO 2Fe3O4 + CO2
e. C + O2 CO2

50. Manfaat langkah elektrolisis pada pembuatan tembaga adalah ....
a. menaikkan kadar tembaga dalam bijinya
b. untuk memisahkan bijinya dari kotoran
c. untuk menghilangkan kandungan peraknya
d. agar tembaga yang dihasilkan lebih murni
e. agar tembaga hasil elektrolisis tidak berkarat

kutipan dari http://kimiadahsyat.blogspot.com/